Rabu, 09 Maret 2016

Cara Membandingkan Geotextile Woven dan Non Woven


Produk geosynthetic  yang kami tawarkan salah satunya ialah Geotextile Woven. Geotextile woven merupakan salah satu turunan produk geosynthetic yang berbentuk anyaman, biasanya dua arah atas dan bawah. Geotextile woven diproduksi dengan mengadopsi teknik seperti tenun tekstile pakaian biasa. Geotextile woven terbuat dari silt film tape polypropylene yang penggunaannya kini tengah beredar luas di Indonesia. Geotextile Woven memberikan kuat tarik maksimal pada berat tahan minimal. Hal ini memberikan keuntungan ekonomis yang besar untuk mendapatkan tingkat keamanan struktur yang diharapkan.

Banyak yang mengetahui bahwa geotextile hanya memiliki 1 tipe saja yaitu Non Woven padahal sebenarnya bahan ini ada dua macam yaitu Geotextile Non Woven dan Geotextile Woven. untuk mengetahui lebih lengkapnya dan apa perbedaannya mari kita bahas bersama-sama

Geotextile Woven

Geotextile Woven tidak akan mudah koyak atau robek pada saat dipasang di lapangan. Struktur anyaman yang kekar (double twist) dari Geotextile Woven menjamin kekuatan tekanan hingga 40 kN/m saat digunakan sebagai separator atau lapisan pemisah. Karena jika material pemisah ini sudah koyak pada saat pemasangan, maka fungsi separator akan terganggu.
「geotextile woven」の画像検索結果
Tipe ini merupakan jenis Geotextile yang teranyam. Bahan dasar untuk pembuatan umumnya Polypropilene (PP). untuk mempermudah visualisasi, Geotextile Woven ini mirip dengan karung beras (bukan yang terbuat dari bahan goni) tetapi berwarna hitam.

Fungsi Geotextile Woven yaitu sebagai bahan stabilisasi tanah dasar (terutama pada tanah dasar lunak), dikarenakan Geotextile jenis ini mempunyai tensile strength (kuat tarik) yang lebih tinggi dibandingkan dengan Geotextile Non Woven (kurang lebih sekitar 2 kali lipat untuk gramasi atau berat per m2 yang sama)

Geotextile Non Woven


Geotextile Non Woven adalah salah satu jenis geotextile yang terbuat dari bahan polypropylene dan polyester. Bentuk dari geotextile non woven tidak teranyam seperti karpet kain. Geotextile non – woven dirancang untuk memberikan kinerja yang optimal per satuan berat. Ketahanan mekanik dan hidrolik yang sangat baik menjadikan Geotextile Non Woven ini sebagai pilihan yang tepat untuk lapisan pemisah dan penyaring. karena memiliki kekuatan jebol (puncture resistance) yang tinggi untuk menjamin material tidak rusak pada saat pelaksanaan.
Jika Geotextile Woven itu teranyam sebaiknya Geotextile Non Woven itu tidak teranyam berbentuk seperti karpet kain. Biasanya bahan dasarnya terbuat dari bahan Polimer Polyesther (PET) atau Polypropylene (PP). Fungsi Geotextile Woven adalah membrane effect, yang hanya mengandalkan tensil strength, sehingga tidak mereduksi terjadinya penurunan setempat (differensial settlement) akibat tanah dasar yang lunak atau kurang baik.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda dalam pemahaman Geotextile ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar